Kamis, 30 September 2010

Korut Siapkan Parade Militer Paling Besar


Korut Siapkan Parade Militer Paling Besar
Minggu, 26 September 2010 19:29 WIB | Mancanegara | Asia/Pasifik | Dibaca 758 kali
Seoul (ANTARA News) - Korea Utara menyiapkan parade militer terbesar yang melibatkan ribuan tentara, tank dan peluncur peluru kendali. Sekitar 10.000 tentara telah ke pangkalan udara Mirim, dekat Pyongyang, sejak Juli untuk latihan parade bagi "upacara nasional besar-besaran", kata kantor berita Korea Selatan, Yonhap, mengutip beberapa sumber yang tak disebut namanya di negara tersebut.

Belum jelas kapan parade itu digelar, tapi tampaknya akan berlangsung di Pyongyang.

"Senjata-senjata telah dikirim untuk parade termasuk mobil-mobil militer yang dilengkapi dengan aneka roket peluncur rudal, artileri otomatis dan tank-tank," kata satu sumber yang dikutip oleh Yonhap, Minggu.

                                              

Tampaknya parade tersebut akan menjadi upacara militer "terbesar yang pernah dilakukan", menurut sumber lain dikutip Yonhap.

Kementerian pertahanan Korea Selatan bulan lalu mengatakan, pihaknya telah mendeteksi pengiriman "besar-besaran" pasukan Korea Utara, termasuk sejumlah besar tentara, kendaraan lapis baja dan artileri, di dekat ibu kota.

Korea Utara, dengan kekuatan 1,2 juta tentara, sering menggelar peringatan ulang tahun politik besar dengan unjuk kekuatan militer secara besar-besaran yang diikuti ribuan prajurit dan puluhan rudal serta senjata-senjata lainnya.

Pyongyang pekan ini membuka pertemuan politik terbesar selama 30 tahun, yang tampaknya bertujuan untuk memuluskan jalan bagi peralihan kekuasaan dari Kim Jong-Il kepada putra termudanya, Kim Jong-Un.

Konferensi Partai Buruh, yang dijadwalkan dimulai Selasa, diundur dari awal September dengan alasan yang masih misteri di negara itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar