Selasa, 28 Desember 2010

soup therapy

Pernah dengar terapi sup (soup therapy)? Ya benar, kalau diterjemahkan secara bebas adalah terapi dengan menggunakan sup.

Sup yang selama ini Anda kenal sebagai sayur dan bisa dinikmati bersama dengan nasi, ternyata memiliki manfaat lain yang berhubungan dengan kesehatan. Mungkin Anda pernah mendengar bahwa sakit flu bisa diringankan setelah Anda menyantap sup ayam. Itu benar! Kandungan protein, niacin, vitamin B6, dan fosfor yang terkandung di dalamnya sangat baik untuk memulihkan stamina dan kekebalan tubuh penderita flu.

Namun sup memiliki manfaat lain yang juga tak kalah pentingnya. Melalui Secrets of Longevity, Dr. Maoshing Ni menyatakan bahwa sup bisa menurunkan berat badan seseorang yang sengaja ingin melangsingkan tubuhnya. Apa saja sih manfaat sup menurutnya? Silakan Anda simak:

Menurunkan berat badan

Orang-orang yang mengonsumsi satu takar sup per hari, terbukti mampu menurunkan berat badan lebih banyak dibandingkan orang yang mengonsumsi jumlah kalori sama tapi tanpa sup. Ini menurut Ni. Sup sayuran dan rendah garam amat direkomendasikan, karena selain bernutrisi sup ini juga bisa mengeluarkan kelebihan air dari dalam tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya tidak mengkonsumsi sup kalengan, sebab kadar garam dan zat kimianya sangat tinggi.

Membangun kekebalan tubuh
Kalau Anda merasa sudah akan jatuh sakit atau mengidap flu, Anda bisa menyiapkan sup dengan bahan-bahan berikut, kubis, wortel, jahe segar, bawang merah, jamur shiitake, rumput laut serta sayuran. Panaskan semua bahan-bahan dalam api kecil selama 30 menit saja, agar tidak merusak vitamin dan mineral yang ada di dalamnya.

Kubis bisa meningkatkan kemampuan tubuh melawan infeksi, jahe menjaga kesehatan sistem pencernaan, dan rumpur laut berfungsi membersihkan tubuh. Jamur shiitake mengandung coumarin, polisakarida, sterol, vitamin, dan mineral yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh. Bahan-bahan sisanya berfungsi menjaga kesehatan tubuh secara umum.

Detoksifikasi
Ni merekomendasikan resep sup yang dapat membantu mengeluarkan zat-zat tak penting di dalam tubuh. Siapkan adas, kol, sawi, ketumbar, bungan dandelion, bawang putih, jahe, bawang perai, jamur shiitake, lobak, rumput laut, kunyit, dan selada air yang kemudian dipanaskan selama 1 hingga 2 jam di atas api kecil. Konsumsilah sup ini dua kali sehari.

Percepat pemulihan
Riset menyatakan bahwa sup ayam efektif menyembuhkan flu, dengan cara menghambat peradangan dan melonggarkan pernafasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar